fbpx
Pilih Laman

Model angin2 rumah merupakan hal yang wajib ada di semua rumah. Tanpa ventilasi, niscaya suasana rumah akan menjadi lebih terasa panas, sumpek, dan membuat penghuninya tidak nyaman. Mengapa demikian?

Alasan Rumah Memerlukan Ventilasi

Udara yang terperangkap di dalam rumah takkan bisa dikeluarkan tanpa ada ventilasi. Meskipun tetap bisa keluar melalui celah lain seperti pintu atau lubang rumah lainnya, hasilnya takkan maksimal. Jika didiamkan imbasnya akan terasa besar, dimana akan memengaruhi kesehatan para penghuninya.

Sirkulasi yang baik senada dengan pencahayaan yang baik. Pencahayaan baik juga akan menjaga rumah dari kelembapan parah dan berkembang biaknya kuman. Karenanya, dua hal ini menjadi syarat terciptanya hunian / rumah yang baik. Makin besar sebuah rumah, maka makin banyak jumlah ventilasi yang dibutuhkan.

Dulu ventilasi menjadi satu dengan kusen jendela atau pintu rumah. Seiring perkembangan zaman dan desain arsitektural, maka antara ventilasi dan jendela-pintu menjadi terpisah. Saat ini, ventilasi yang terpisah ini disebut dengan roster. Biasanya roster diterapkan atau diaplikasi dengan rumah yang memiliki konsep minimalis.

Nah, bagaimana tips praktis memilih roster yang tepat untuk rumah minimalis Anda?

Tips Praktis Memilih Model Ventilasi Rumah

Zaman sekarang sudah banyak model angin2 rumah minimalis. Anda mesti memperhatikan hal-hal berikut ini saat memilih roster, yaitu:

  1. Bentuk roster rumah minimalis

Roster rumah minimalis memiliki banyak bentuk dan model. Produsen roster menciptakan roster plus – maksudnya roster yang tidak hanya berguna buat ventilasi saja, melainkan penghias interior atau eksterior ruangan rumah atau bangunan.

Jadi, saran terbaiknya, pilihlah bentuk atau model roster yang memiliki fungsi utama sebagai ventilasi atau penyekat ruangan. Namun juga bermanfaat untuk memperindah rumah. Tentu setiap rumah memiliki kebutuhan masing-masing, tergantung dari selera pemiliknya

  1. Bahan pembuat roster

Sudah menemukan bentuk / model yang sesuai? Anda harus memperhatikan bahan pembuat rosternya. Memang ada beberapa bahan yang dijadikan roster, seperti kayu, batako, besi, stainless, dsb. Silakan Anda perkirakan apakah bahan roster yang sedang ditaksir berkualitas atau tidak?

  1. Ukuran roster rumah

Biasanya, Anda bisa membuat lubang angin dari roster berdasarkan ukuran ruangan. Namun, Anda juga bisa membuat lubang angin dengan desain tertentu tanpa memikirkan ukuran ruangan.

Hal yang harus Anda sadari adalah bujetnya cocok tidak dengan tingkat kreativitas Anda? Bentuk atau model yang Anda idam-idamkan itu sesuai kebutuhan, fungsi, dan estetika atau tidak?

Jika jawabannya tidak, Anda telah menemukan jawabannya, yaitu: sesuaikan kebutuhan pembuatan roster dengan bujet yang Anda miliki. Syukur-syukur bisa lebih murah. Anda bisa menanyakan kebutuhan ini pada tempat jual roster minimalis.

Demikianlah artikel soal mengapa rumah membutuhkan ventilasi dan tips praktis memilih roster untuk ventilasi berdasarkan bentuk / model angin2 rumah, bahan, dan ukurannya. Silakan diterapkan untuk kebutuhan rumah minimalis Anda.