fbpx
Pilih Laman

Rumah bergaya minimalis makin digemari dan menjadi trend akhir-akhir ini. Roster selain sebagai solusi untuk masalah pengaturan ventilasi udara dan juga pencahayaan ruangan rumah di siang hari secara alami, maka roster juga bisa menjadi penguat kesan gaya suatu rumah, tergantung pada jenis bahan dan juga model rosternya. Dalam hal ini maka akan dibahas mengenai roster rumah minimalis sebagai berikut.

Beberapa Fungsi Roster

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kelebihan roster.

Jalur Sirkulasi Udara

Roster yang tersusun dari lubang-lubang itu dapat menjadi ruang bagi udara yang ada diluar ruangan untuk bisa masuk ke dalam rumah. Penggunaan roster ini dapat dijadikan sebagai alternatif, salah satu cara mengatasi udara panas di dalam rumah, dan bisa juga untuk menghemat penggunaan listrik ac (Air Conditioner).

Penataan dan pengaturan Cahaya Masuk

Roster juga bisa menjadi pengatur cahaya siang yang masuk ke dalam ruangan rumah, sekaligus sebagai pembagi atau penyekat atau partisi ruangan yang akan bisa juga untuk meningkatkan nilai estetika rumah, karena roster itu memiliki motif yang sangat beragam dan unik. Dengan pemilihan bahan dan model roster yang tepat maka roster tersebut juga akan berfungsi menjadi pemberi kesan gaya suatu ruangan atau rumah.

Jenis Roster yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Penggunaan roster bisa digunakan untuk luar ruangan rumah secara outdoor seperti untuk dinding penyekat garasi, pengeras halaman, pagar halaman dan lain sebagainya, maupun bisa juga digunakan untuk di dalam ruangan secara indoor yakni seperti untuk penyekat antara ruangan, pengaman dinding kaca dan lain sebagainya.

Nah dari berbagai tempat jual roster lubang angin yang ada maka bisa dipilih roster rumah minimalis, yakni yang bisa berupa roster beton, atau roster metal dari alumunium atau besi atau stainless steel, yang memiliki warna natural alami abu-abu, atau roster tanah liat terakota yang memiliki warna natural alami merah bata yang sangat cocok jika dipasangkan dengan dinding batu bata yang sengaja tidak dipoles dilapisi semen penutup.

Roster dari bahan-bahan tersebut akan bisa memperkuat kesan minimalis dari gaya suatu ruangan atau rumah. Roster yang terbuat dari bahan beton atau dari tanah liat tersebut selain cocok dan bisa memperkuat kesan minimalis juga cukup murah dan terjangkau harganya, juga cukup mudah dan murah juga perawatannya.

Sedangkan untuk kekuatan daya tahannya maka roster beton akan lebih kuat jika dibandingkan dengan roster tanah liat yang cenderung lebih mudah pecah atau rapuh. Selain berdasarkan bahan material pembuatannya, maka untuk memilih roster yang cocok untuk rumah bergaya minimalis itu adalah juga dari segi pemilihan motifnya. Pilihlah motif roster dengan model geometris yang simple daripada motif yang berbunga-bunga jika hendak dipergunakan sebagai penguat gaya minimalis dari suatu ruangan atau rumah.

Demikianlah pembahasan mengenai roster rumah minimalis.