Harga roster beton yang terjangkau menjadi salah satu faktor yang menarik orang-orang memilih jenis lubang angin tersebut. Apalagi beton termasuk material yang mudah dibentuk, sehingga bisa dicocokkan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda siapkan.

Variasi pola atau bentuk yang dipasang pada roster beton memungkinkan Anda mengelola aliran udara, cahaya matahari, hingga temperatur di dalam ruangan. Roster beton juga akan memberikan sentuhan estetik pada hunian yang Anda tempati. Jadi, selain menjaga kualitas kesehatan penghuni, lubang angin juga bakal mempercantik bagian luar maupun dalam rumah.

Nah, untuk mengenal faktor-faktor yang membuat roster beton disukai dan dipasarkan dengan harga terjangkau, mari simak informasi di bawah ini!

  1. Lebih kuat dibandingkan material lain

Beton bukanlah satu-satunya bahan yang digunakan untuk membentuk model loster rumah. Ada kaca, kayu, hingga keramik yang umum dipakai sebagai material roster. Hanya saja, beton memiliki satu keunggulan yang tak dimilki bahan-bahan lain, yakni strukturnya yang lebih kuat, tetapi dijual dengan harga murah.

Komposisi bahan penyusun yang lebih kompleks menjadikan roster beton sebagai ornamen yang tahan pelapukan akibat perubahan cuaca ekstrem. Hanya saja, roster beton kurang direkomendasikan sebagai penahan bangunan, sebab rongga di bagian tengahnya kurang stabil untuk menopang beban.

  1. Menunjang potensi alam di daerah tropis

Cuaca adalah faktor yang mempengaruhi kekuatan rumah Di separuh tahun, Anda akan mendapatkan limpahan cahaya matahari, lalu di separuh tahun berikutnya adalah hujan deras. Pemilihan material yang salah akan mempercepat kerusakan hunian akibat pergantian cuaca yang drastis.

Dalam hal ini, roster beton dapat Anda manfaatkan sebagai secondary skin untuk bangunan yang akan menyaring cahaya matahari sebelum diteruskan ke rumah. Volume udara yang masuk melalui roster ini pun akan lebih seimbang, sehingga rumah tetap sejuk dan nyaman sepanjang tahun.

  • Hemat energi dan ramah lingkungan

Menggunakan beton sebagai material lobang angin rumah secara tidak langsung mendukung program ramah lingkungan. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi menggunakan kipas angin, pendingin ruangan, atau lampu yang terlalu banyak untuk menyokong sirkulasi udara dan pencahayaan yang memadai.

Pencahayaan alami dari sinar matahari dan sirkulasi udara teratur lewat lubang angin pun mengurangi pemakaian listrik sehari-hari. Dengan begitu, bujet yang Anda gunakan untuk membayar tagihan dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

  • Sentuhan berbeda pada interior dan eksterior rumah

Roster beton yang dipasang di fasad rumah tak hanya berperan sebagai tabir surya, melainkan juga menghasilkan permainan bayangan atraktif yang bakal memaksimalkan visualnya. Alhasil, fasad rumah Anda bakal lebih cantik tanpa harus menambahkan ornamen berlebih.

Belakangan roster beton juga menjadi elemen penghias di hunian bernuansa modern dan industrialis. Uniknya, jenis roster tersebut bisa dijadikan sebagai pot tanaman dan bangku, sehingga memberikan kesan berbeda pada interior rumah.

Pemakaian roster beton secara masif dapat diakali dengan memakai material lain seperti tembok dan kayu. Sehingga hunian yang Anda tempati tidak akan terlihat membosankan, terutama untuk rumah yang mengusung tema minimalis.

Menentukan roster beton yang cocok untuk rumah

Tertarik memasang roster beton untuk lubang angin di rumah Anda? Walau statusnya hanya ornamen, pemilihan loster tetap harus diperhatikan secara saksama, karena harga roster betonbukan satu-satunya faktor yang akan menentukan keputusan terakhir yang Anda ambil.

Apabila Anda termasuk orang yang belum terlalu mengenal lubang angin atau roster, alangkah baiknya Anda pelajari dulu syarat ventilasi yang memadai. Mengapa? Hal ini dikarenakan ketentuan pembuatan ventilasi udara akan memberikan dampak pada banyak aspek. Sebut saja pasokan udara yang diterima dan dikeluarkan sampai kondisi tubuh Anda sepanjang tinggal di rumah tersebut.

Secara garis besar, semakin luas ruangan, semakin besar jendela yang harus digunakan. Jumlah roster yang nantinya Anda pasang pun bakal ikut bertambah. Berikut ini adalah syarat ventilasi yang wajib Anda penuhi sebelum memesan roster beton:

  • Ukuran lubang ventilasi tetap atau permanen minimal 5% dari total luas lantai ruangan. Kalau Anda ingin memasang ventilasi insidental (bisa dibuka dan ditutup), maka ukuran lubangnya harus 5% dari luas lantai. Jadi kalau Anda memakai keduanya, maka ukuran lubang udara rumah yang diperoleh adalah 10% dari total luas ruangan;
  • Ventilasi udara memang akan membantu sirkulasi udara, tetapi bukan berarti Anda mengabaikan kualitas udara di sekitar rumah. Pastikan tidak ada polusi yang mengganggu seperti asap dari rokok, pembakaran, sampah, knalpot, hingga debu yang bertebaran di udara;
  • Usahakan udara mengalir secara bersilang atau cross ventilation, yakni dengan menempatkan lubang hawa berhadapan di antara dua dinding ruangan. Sistem tersebut memungkinkan udara mengalir dari dalam, lalu ke luar dan sebaliknya.

Sementara untuk memilih jenis roster beton yang sesuai, berikut ini hal-hal yang dapat dipertimbangkan untuk menemukan roster berkualitas tinggi.

  • Menentukan jenis dan motif

Karakternya yang fleksibel memungkinkan roster beton dibentuk sesuai desain yang Anda inginkan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda siapkan jenis dan motif yang diinginkan, sehingga bisa langsung diurus penyedia roster yang Anda tunjuk.

Salah satu langkah yang dapat mempertimbangkan jenis dan motif roster adalah menyesuaikannya dengan desain rumah. Misalnya, kalau hunian Anda bertema minimalis, pola yang diaplikasikan pada roster sebaiknya tidak terlalu ramai, tetapi jangan terlampau polos juga karena akan membosankan.

  • Dinding mendukung desain roster

Keselarasan model lubang angin dengan dinding akan mempengaruhi tampilan rumah yang Anda tempati. Hal ini mencakup jenis material, konsep, hingga pola yang digunakan pada roster. Sehingga tamu yang berkunjung akan ikut terpukau melihatnya dan merasa betah di dalam ruangan.

Roster beton termasuk jenis lubang angin yang bisa Anda kombinasikan dengan material apa pun. Sebagai contoh, padukan roster berbahan benton dengan kerangka kayu untuk mengombinasikan sentuhan alami serta modern pada dinding rumah Anda.

  • Cermati ukuran roster yang dipakai

Beberapa orang kurang mengacuhkan ukuran roster dan asal memesan kepada penyedia produk. Akibatnya, saat ukuran roster tidak cocok dengan selot yang disediakan, Anda mau tak mau harus mengukur dan memesan ulang. Pengeluaran yang tadinya cukup pun malah membengkak.

Ukuran roster beton, baik yang skala kecil maupun besar, harus dihitung sedetail mungkin. Selain itu, peletakannya ikut mempengaruhi tekstur roster. Roster yang digunakan sebagai penghias interior pada umumnya memiliki tekstur halus, sedangkan untuk eksterior cenderung semi-halus hingga kasar.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat simpulkan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi harga roster berbahan beton. Di sisi lain, informasi ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan jenis roster yang tepat. Hasilnya, Anda akan mendapatkan lubang angin yang pas untuk rumah dan mampu menerka harga roster beton yang sesuai.