Anda tengah mencari roster (baca: lubang angin) untuk dipasang di rumah? Jangan terlalu mikir, silakan dipasang sana sesuai kecocoka – desain dan gaya bangunan Anda. Inilah 6 model lubang angin rumah minimalis yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia, antata lain:

  1. Roster berbahan batako

Roster atau lubang angin paling populer di Indonesia terbuat dari batako. Lubang angin ini memiliki warna abu-abu berbentuk sederhana, misalnya kotak.

Dengan corak dingin dan tidak selesai, roster batako dinilai cocok untuk diaplikasikan di rumah-rumah kaum urban yang modern. Dengan harga terjangkau, kualitas roster satu ini juga cukup mumpuni.

  1. Roster berbahan keramik

Kesan yang kita akan tangkap dari roster berbahan keramik adalah kesan elegan dan mengilapnya. Anda bisa memposisikan roster ini untuk berbagai macam kebutuhan, menghiasi fasad, atau dekorasi pemisah dalam ruangan. Roster dengan bahan keramik punya beragam pilihan motif, warna, dan pola. Hal ini membuat material ini bisa dipasang sesuai gaya bangunan dan interiornya.

Nilai keindahan inilah yang membuat roster keramik dibanderol dengan harga mahal. Sayangnya, kelemahan roster keramik ada pada mudah tergores dan gampang pecah.

  1. Roster berbahan kayu

Model lubang angin rumah minimalis satu ini sangat cocok diterapkan di rumah yang mengusung konsep tradisional sekaligus etnik. Ada banyak pilihan kayu yang bisa Anda jadikan sebagai roster, salah satunya kayu kamper. Jenis kayu ini sangat bagus untuk dijadikan roster, karena awet dan mudah dibentuk.

Hal yang wajib diperhatikan adalah perawatannya, karena kayu berpotensi dimakan rayap. Khususnya, roster kayu yang dipasang pada fasad rumah atau partisi di dalam ruangan.

  1. Roster berbahan tanah liat

Jenis roster/loster satu ini memang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Umumnya, roster/loster ini dipasang di garasi atau pagar.

Kekurangan roster dengan bahan ini adalah sifat rapuhnya setelah jangka waktu tertentu, terutama bila roster kerap terpapar sinar matahari. Selain itu, permukaan roster tidak bisa dicat untuk mengubah warnanya. Jadi, Anda hanya akan menerima warna yang sama, selamanya. Bahkan mungkin, warna ini akan memudar seiring waktu berjalan.

  1. Roster berbahan batu alam

Roster yang terbuat dari batu alam acap kali ditemui di perumahan mewah tapi memiliki konsep tradisional. Roster jenis ini dibuat dari batu alam murni. Tentu saja, seolah diolah terlebih dulu oleh para produsennya. Dimana batu alam dipotong dan dibelah untuk membuat bentuk dan motif yang diinginkan.

Harga jual roster minimalis ini lebih tinggi dibandingkan roster berbahan lainnya. Maklum saja, tidak semua produsen bisa menciptakan ukiran dengan desain tertentu untuk menghadirkan nilai kemewahan.

  1. Roster berbahan GRC

GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) merupakan bahan pembuat roster yang lebih kekinian dibandingkan lima bahan lainnya. Bahan ini bisa dibentuk dengan beragam bentuk dan motif. Bobot ringan dan awet menjadi sifat utama bahan GRC yang diminati orang.

Tentukan model lubang angin rumah minimalis sesuai kebutuhan, bujet, dan desain rumah Anda. Ketika hal itu Anda terapkan niscaya lubang angin yang disebut roster itu akan membuat tampilan rumah Anda jadi lebih cantik.