fbpx
Pilih Laman

Mencari desain loster atau roster di agen jual roster minimalis acap kali membingungkan karena variasi yang begitu melimpah. Dibandingkan jenis ventilasi udara lainnya, roster dianggap sebagai tipe yang artistik, sehingga sering diandalkan sebagai ornamen interior maupun eksterior rumah. Khususnya untuk mempertahankan hunian minimalis yang tak bisa menggunakan banyak hiasan.

Ukuran lubang yang terdapat dalam desain roster sengaja dibuat lebih kecil untuk menjaga keamanan rumah dari pencurian dan tindakan kriminal lainnya. Meski begitu, roster termasuk item yang fleksibel karena dapat dibuat dari berbagai macam material, antara lain:

  • Beton. Beton merupakan material yang terbikin dari campuran pasir dengan semen. Selain bisa digunakan untuk mendirikan bangunan, beton juga dimanfaatkan sebagai bahan baku roster. Harga murah dengan strukturnya yang kuat membuat roster beton digemari banyak orang. Anda juga dapat menentukan tingkat kekasaran hingga teksturnya untuk loster rumah modern;
  • Kayu. Material yang satu ini umumnya dipilih untuk memberikan kesan alami dan hangat pada hunian. Belakangan kayu kembali diminati berkat harganya yang cukup terjangkau dan mampu diaplikasikan ke berbagai jenis rumah, baik modern, klasik, tradisional, hingga minimalis. Anda yang tertarik menggunakan roster kayu bisa menghiasnya memakai pelitur, cat kayu, maupun melamin khusus;
  • Keramik. Dibandingkan dua jenis roster sebelumnya, roster keramik dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Jenis roster ini biasanya kerap dijumpai pada hunian yang mengusung desain klasik, mewah, etnik, serta elegan. Pilihan corak, warna, dan bentuknya pun tak kalah bervariasi. Mengingat konsepnya yang sudah indah, roster keramik tak perlu mendapatkanvarnish lagi;
  • Tanpa pengisi. Sesuai namanya, jenis roster ini hanya berupa lubang di tembok dan diinggalkan tanpa pengisi atau ukiran tertentu. Namun, seperti yang sudah disinggung, ukuran lebar untuk lubangnya tidak boleh lebih dari 15 cm dengan pertimbangan faktor keamanan. Umumnya jenis roster rumah minimalis ini dipasang di dapur dan kamar mandi.

Desain roster minimalis untuk rumah

Mengenal material yang digunakan untuk pembuatan roster sebenarnya membantu seseorang saat menentukan desainnya. Pasalnya, beberapa material mudah dibentuk, sedangkan yang lain terbilang kaku atau hanya cocok diaplikasikan pada desain hunian tertentu. Kemudian, roster juga tetap harus mempertahankan fungsinya sebagai ventilasi udara, yakni menjaga kelancaran sirkulasi udara.

Untuk menghindari kesalahan, berikut rekomendasi desain roster minimalis yang dapat mempercantik sekaligus menjaga aliran udara di rumah.

  • Desain roster di ruang tamu

Roster yang dipasang di bagian muka rumah sebaiknya memakai material dan desain yang tidak mudah diakses orang luar. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan kaca nako yang akan memudahkan Anda dalam mengatur volume udara dan temperatur di dalam ruangan. Dengan begitu, rumah Anda tetap akan segar dan sejuk tanpa harus mengandalkan pendingin ruangan.

Pemasangan roster yang tepat di ruang tamu sebaiknya tidak tepat di depan sofa duduk, sehingga angin atau cipratan air hujan tidak langsung mengenai orang-orang yang duduk di sana. Jadi, Anda tetap dapat menjamu tamu tanpa menganggu kenyamanan mereka.

  • Desain roster di sekitar ruang tengah

Ingin memberikan akses udara yang bersih dan maksimal ke ruang tengah? Dalam hal ini, desain roster yang digunakan tak jauh berbeda dengan versi ruang tamu. Anda bisa memakai roster tanpa kaca nako dari agen jual roster minimalis dengan ukuran lebih kecil atau memanjang supaya temperatur di dalam ruangan tak terlalu dingin di malam hari atau mendadak panas di siang hari.

Akan tetapi, kalau Anda tinggal di daerah bercurah hujan tinggi atau kerap dilewati angin kencang, ada baiknya antisipasi dengan memasang kaca nako. Jadi, Anda hanya perlu menutup kaca nako pada roster kalau hujan deras tiba atau cuaca sedang sangat berangin.

  • Desain roster tanpa batas

Sebagian besar orang memilih jendela panjang untuk memberikan kesan luas pada hunian sekaligus memberikan pencahayaan natural yang melimpah. Namun, tidak banyak yang tahu kalau roster juga bisa dijadikan sebagai pengganti dinding. Khususnya bagi Anda yang mempunyai halaman luas atau punya banyak pepohonan yang menaungi rumah.

Untuk menjaga keamanan hunian, roster berbahan beton biasanya digunakan sebagai dinding. Anda bisa tentukan sendiri desainnya untuk mempercantik tampilan rumah. Pasang juga jendela besar di salah satu sisi supaya akses udara dan temperatur tidak berubah drastis.

  • Desain roster untuk kamar tidur

Model angin2 rumah ini dapat digunakan apabila Anda tinggal di lingkungan dengan tingkat keamanan tinggi. Dalam artian hunian yang ditempati merupakan jenis tempat tinggal yang sukar diterobos orang asing, serangga-serangga berbahaya, hingga tak menjadi tempat berkumpulnya bau kurang sedap dan polusi udara lainnya.

Roster yang dipasang di kamar tidak perlu luas atau besar untuk menjaga privasi. Anda bisa tempatkan di salah satu sudut kamar yang menghadap akses udara paling maksimal. Kekurangan dari desain roster ini adalah sifatnya yang permanen, sehingga tak bisa Anda atur sesuka hati.

  • Desain roster untuk kamar mandi

Keberadaan roster di kamar mandi sebenarnya tidak terlalu diprioritaskan atau bersifat sekunder. Apalagi ruangan ini membutuhkan privasi yang sangat tinggi seperti halnya kamar tidur. Namun, aliran udara di kamar mandi harus tetap dijaga mengingat tingkat kelembapannya yang cenderung tinggi dan berpotensi jadi tempat berkembang biak bakteri.

Oleh karena itu, ukuran roster yang dipasang sebaiknya kecil dan menggunakan desain sederhana. Jadi, baik sirkulasi udara maupun keamanan rumah tidak terganggu. Pastikan juga posisiloster kamar mandi tadi tidak mengekspos ruangan.

  • Desain roster untuk dapur

Aliran udara dan temperatur di dapur juga harus Anda perhatikan, apalagi aktivitas di ruangan ini terbilang sangat tinggi. Dapur dengan ventilasi yang buruk akan mengurangi kualitas makanan maupun kesehatan Anda. Memasang jenis roster yang sesuai akan membantu Anda mengatur sirkulasi udara dan suhu agar tetap segar.

Pasang roster di sekitar kompor supaya asap dan hasil pembakaran dapat langsung keluar dari dapur. Di sisi lain, pastikan juga posisinya tidak memberikan akses pada angin dan hujan yang akan mengganggu masakan yang sedang Anda olah.

  • Desain roster untuk bak cuci piring

Apa ukuran dapur Anda terlalu kecil dan tidak memungkinkan pemasangan roster? Anda bisa mengakali hal tersebut dengan menempatkan roster di sekitar bak cuci piring. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, roster yang dipasang di depan tempat cuci piring juga bisa menjadi ventilasi cahaya yang akan membantu aktivitas Anda di dapur.

Dalam hal ini, pilihlah material alami seperti kayu yang tak akan meningkatkan suhu ruangan atau aluminium kalau Anda membutuhkan bahan yang tahan lama. Sembari membersihkan alat makan, Anda bisa sekaligus menghirup udara segar.

Selamat mencari item yang tepat di tempat jual roster minimalis terpercaya!