fbpx
Pilih Laman

Rumah bergaya minimalis sepertinya menjadi pilihan banyak orang saat membangun hunian untuk keluarga. Hal ini karena rumah minimalis tak memerlukan banyak detail dan lebih menganut konsep pemanfaatan lahan sebaik – baiknya.

Saat Anda berkeinginan untuk melengkapi rumah Anda dengan komponen roster, tentu Anda perlu memilih roster rumah minimalis yang tepat agar setiap bagian rumah terlihat menyatu satu sama lain. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda dalam memilih model ventilasi rumah terbaru yang sesuai dengan preferensi Anda :

Alasan rumah perlu dilengkapi dengan roster (lubang angin)

Lubang angin merupakan salah satu komponen kecil dalam hunian atau bangunan, namun keberadaan lubang angin yang cukup merupakan salah satu hal penting untuk memastikan kenyamanan. Adanya lubang angin (ventilasi yang cukup tentu membuat sirkulasi udara di dalam rumah lebih lancar dan terasa sejuk, sehingga kelembaban di dalam rumah juga tetap terjaga. Tak hanya itu, rumah minimalis, baik yang terdiri dari 1 lantai mau pun rumah dengan 2 – 3 lantai perlu lubang angin yang cukup karena alasan kesehatan.

Rumah dengan sistem ventilasi yang buruk dapat menyebabkan adanya risiko penyakit atau infeksi pernafasan menjadi meningkat. Rumah dengan kelembaban yang terlalu tinggi akibat kurangnya ventilasi juga dapat menjadi salah satu rantai penyebab peningkatan penyebaran penyakit menular. Alasan – alasan inilah yang perlu menjadi pertimbangan Anda saat mendesain dan mewujudkan hunian yang tak hanya tampak indah, namun juga memiliki ventilasi udara dan pencahayaan alami yang maksimal.

Tentukan dengan tepat bahan roster yang dipilih

Salah satu tips penting saat Anda akan memilih lubang angin (roster) untuk rumah minimalis Anda adalah dengan menentukan pilihan yang tepat mengenai bahan roster yang dipilih. Pemilihan bahan roster dapat didasarkan pada tempat pemasangan roster rumah minimalis yang telah Anda rencanakan. Bila Anda berencana memasang roster di luar rumah sebagai pengganti pagar, tentu Anda perlu memilih jenis roster yang cukup kuat terhadap paparan cuaca panas mau pun hujan.

Untuk keperluan ini, Anda dapat memilih roster yang terbuat dari bahan batako atau tanah liat. Sementara bila Anda memerlukan lubang angin (roster) yang diletakkan di dalam ruangan yang difungsikan sebagai partisi / pembatas antar ruangan, misalnya sebagai pembatas bagian rumah dengan garasi, dan bagian lainnya, Anda dapat memilih roster dengan bahan keramik atau pun kayu.

Adanya banyak model dan bahan roster (lubang angin) ini tentu lebih memudahkan Anda dalam menentukan jenis lubang angin yang tepat untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan bentuk / pola roster rumah minimalis yang Anda inginkan

Hal lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih roster rumah minimalis Anda adalah bentuk / polanya. Selain memilih lubang angin yang tepat berdasarkan fungsinya sebagai ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah, Anda pun dapat menjadikannya sebagai bagian dari hiasan interior di dalam rumah Anda.

Di pasaran, ada berbagai pilihan motif roster rumah, mulai dari kotak – kotak, motif geometris lain hingga bentuk bunga. Rumah minimalis dikenal dengan desain yang sederhana, namun tepat guna dan dapat multifungsi. Pemilihan bentuk / pola roster yang menarik dan sesuai dengan fungsinya, tentu dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih cantik secara keseluruhan.

Untuk desain pola lubang angin yang diletakkan di dalam rumah, Anda dapat memilih roster (lubang angin) dengan bahan keramik atau kayu yang memiliki beragam pola berbeda dengan variasi pilihan warna yang cukup beragam yang dapat Anda sesuaikan dengan konsep rumah minimalis Anda.

Pilih roster sesuai anggaran yang Anda miliki

Tips lain dalam memilih model angin – angin rumah minimalis yang dapat Anda terapkan tentu saja perlu Anda sesuaikan dengan anggaran dana yang Anda miliki. Anda tidak perlu memaksakan memilih roster dengan harga mahal. Akan lebih baik bila Anda memilih lubang angin untuk hunian Anda berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian konsep hunian yang ingin Anda ciptakan.

Bila anggaran Anda tidak memungkinkan untuk membeli roster jenis tertentu yang memiliki harga relatif mahal, Anda dapat memilih jenis roster lain yang lebih ekonomis sebagai alternatifnya, namun tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan pertimbangan ini, tentu Anda tetap mendapatkan manfaat maksimal dari adanya lubang angin yang cukup, namun juga sesuai dengan anggaran yang Anda miliki sekarang ini. Untuk pemilihan roster yang tepat, tidak ada salahnya bila Anda mulai mencari referensi pada toko – toko yang jual lubang anginyang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Pertimbangkan dengan tepat ukuran lubang angin rumah minimalis dengan tepat

Ukuran lubang angin juga perlu menjadi perhatian Anda. Ukuran yang tepat untuk roster (lubang angin) sangat tergantung dari seberapa besar ukuran ruangan / rumah yang Anda miliki. Rumah minimalis dengan luas yang tidak terlalu besar dapat menggunakan lubang ventilasi udara dengan ukuran yang kecil, namun dalam jumlah ideal untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Pemilihan ukuran dan pola yang tepat untuk rumah minimalis Anda dapat membuat tampilan rumah Anda semakin menarik dan nyaman, serta menjadi cerminan dari kepribadian Anda sebagai si pemilik rumah.

Sesuaikan desain dengan ruangan yang akan Anda beri roster

Roster rumah minimalis dapat pula disesuaikan dengan ruangan di mana lubang angin tersebut akan ditempatkan. Berikut ini adalah beberapa desain ventilasi yang dapat Anda terapkan untuk ruangan tertentu di dalam rumah :

l  Ventilasi udara di ruang tamu

Untuk kebutuhan ventilasi di ruang tamu, Anda dapat membuat ventilasi udara dari kaca nako yang bukaan dapat Anda atur dan sesuaikan dengan kebutuhan. Ventilasi seperti ini cukup ideal agar Anda dapat dengan mudah mengontrol udara yang masuk ke dalam ruang tamu Anda.

l  Desain ventilasi udara untuk kamar mandi

Desain ventilasi untuk kamar mandi di rumah minimalis dapat menggunakan model roster sederhana dengan ukuran kecil. Hal ini karena kebutuhan ventilasi saat di kamar mandi bukanlah menjadi kebutuhan primer, sehingga ventilasi dengan ukuran kecil sudah dianggap cukup.

l  Desain ventilasi udara untuk kamar tidur

Kamar tidur juga menjadi ruangan di rumah yang perlu untuk memiliki ventilasi yang cukup. Anda dapat menerapkan roster kayu model jalusi dengan bukaan yang cukup besar untuk tempat tidur Anda sehingga Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik selama berada di kamar tidur.

l  Ventilasi udara untuk bagian dapur

Bagian dapur juga memerlukan sirkulasi udara yang baik. Untuk itu, Anda juga perlu untuk memperhatikan pemberian roster atau ventilasi di bagian dapur. Pada bagian dapur, Anda dapat memberikan beberapa ventilasi dengan ukuran besar untuk memastikan bahwa udara di dapur selalu segar dan tidak terasa pengap.