fbpx
Pilih Laman

Dinding roster merupakan perluasan penggunaan roster yang biasanya hanya dipasang di atas pintu atau di jendela. Akhir-akhir ini roster dinding minimalis semakin populer dan diminati menjadi trend. Dinding roster juga meningkatkan fungsi roster yang hanya sekedar sebagai lubang angin juga menjadi berfungsi estetis, sebagai pembuat cantik ruangan, selain juga sebagai pengatur cahaya matahari yang masuk ke ruangan dan sebagai partisi pemisah ruangan.

Aneka Jenis Model atau Bentuk Roster

Bentuk atau model dari dinding roster itu bermacam-macam, yakni ada yang berbentuk seperti kotak, atau persegi, atau segi enam, dan lain sebagainya, dengan variasi model berupa motif geometris atau kombinasi bulatan atau bunga-bunga dan lain sebagainya. Untuk roster dinding minimalis pertimbangan pemilihannya selain dari unsur bahannya juga penting untuk memilih bentuk dan motifnya yang tepat sehingga akan menonjolkan kesan gaya minimalis ruangan atau suatu rumah, dalam hal ini motif geometris akan lebih cocok dan tepat untuk dipilih.

Fungsi Roster

Fungsi utama roster itu adalah sebagai lubang dinding guna menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal dan juga sistem pencahayaan dalam ruangan. Seiring berjalannya waktu, maka fungsi roster sekarang semakin berkembang, yakni selain sebagai lubang angin, dan pengatur cahaya masuk ruangan, maka rooster bisa juga digunakan untuk mempercantik ruangan rumah sehingga bisa membuat tampilan ruang lebih menarik dan mendukung kesan gaya rumah atau ruangannya, selain juga sebagai partisi pembagi ruangan maupun sebagai pelindung atau pengganti pagar. Oleh karenanya maka biasanya roster kini dibuat dengan desain yang secantik mungkin.

Bahan Roster Dinding Minimalis

Roster dibuat dari berbagai macam bahan. Penamaan rooster di pasaran didasarkan pada bahan material pembuat rosternya. Jadi, nama roster juga beragam, yakni seperti roster kayu, dan roster keramik, juga roster terakota atau bata, lalu ada juga roster batu alam, dan roster beton, serta roster GRC, ada lagi roster besi, dan roster kuningan serta masih banyak lagi yang lainnya. Roster yang paling mudah ditemui dan banyak dijual adalah roster beton, yang terbuat dari semen dan pasir yang dipadatkan, selain roster keramik, roster batako dan tanah liat.

Roster yang terbuat dari batako itu memiliki kualitas yang lebih bagus dan juga kuat, tetapi jika dilihat dari tampilannya maka kurang menarik jika dibandingkan dengan roster dari bahan tanah liat. Namun, dari segi harga lubang angin minimalis memang lebih murah serta hemat.

Sedangkan rooster tanah liat itu dari segi tampilannya bisa lebih cantik, tetapi cenderung kurang begitu kuat jika dibandingkan dengan roster batako. roster beton, atau roster metal dari alumunium atau besi atau stainless steel, yang memiliki warna natural alami abu-abu, atau roster tanah liat terakota yang memiliki warna natural alami merah bata yang sangat cocok jika dipasangkan dengan dinding batu bata yang sengaja tidak dipoles dilapisi semen penutup.

Roster dari bahan-bahan tersebut akan bisa memperkuat kesan minimalis dari gaya suatu ruangan atau rumah. Roster yang terbuat dari bahan beton atau dari tanah liat tersebut selain cocok dan bisa memperkuat kesan minimalis juga cukup murah dan terjangkau harganya, juga cukup mudah dan murah juga perawatannya. Sedangkan untuk kekuatan daya tahannya maka roster beton akan lebih kuat jika dibandingkan dengan roster tanah liat yang cenderung lebih mudah pecah atau rapuh.

Demikianlah pembahasan mengenai roster dinding minimalis.