fbpx
Pilih Laman

Penggunaan roster rumah minimalis sudah bukan hal yang asing lagi, mengingat roster telah digunakan untuk kebutuhan salah satu elemen tambahan pada bangunan sejak lama. Baik itu untuk ventilasi, penghias interior/eksterior rumah, maupun dinding rumah minimalis.

Bicara tentang dinding roster rumah minimalis, tentu ada plus dan minusnya. Nah melalui artikel ini, kami akan menyampaikan kelebihan serta kekurangan dari pengaplikasian dinding roster rumah minimalis. Apa saja itu?

Kelebihan dinding roster

Apa saja yang masuk dalam kelebihan dinding roster rumah minimalis? Ada lima daftar kelebihan dinding roster, yaitu:

  1. Memudahkan udara luar masuk ke dalam rumah, dan sebaliknga udara dalam ke luar rumah. Dalam kata lain, sirkulasi udara menjadi lancar. Hal ini menyebabkan bagian dalam rumah menjadi sejuk.
  2. Memudahkan masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Dengan begini, rumah menjadi tidak pengap dan lembab, sehingga berpotensi menjadi sarang penyakit.
  3. Roster memiliki bentuk dan motif yang bagus, jika diaplikasikan dengan cara yang tepat. Jadi, cocok buat Anda yang menyukai unsur dekoratif rumah.
  4. Secara otomatis, rumah yang mempunyai dinding roster dapat juga bermanfaat untuk ventilasi udara.
  5. Pengaplikasian roster sangat mudah, karena bisa diaplikasikan ke dalam beragam jenis bangunan – gedung, rumah, tempat ibadah, dan bangunan residensial.

Kekurangan dinding roster

Jika diaplikasikan dengan cara tidak tepat, dinding roster berpotensi untuk merusak. Inilah lima daftar kekurangan dinding roster rumah minimalis, yaitu:

  1. Akan membuat rumah bagian dalam terbuka, sehingga kehilangan privasinya. Soalnya bentuk roster yang berlubang bisa diintip dari dua sisi.
  2. Pemasangannya perlu memperhatikan datangnya arah sinar matahari. Hal ini disebabkan karena dinding roster akan berhadapan langsung dengan sinar matahari. Jika tidak memperhatikan saat pembuatannya, maka ruangan bukannya sejuk tapi justru semakin panas akibat banyaknya paparan sinar matahari.
  3. Tidak bisa dijadikan dinding utama, sebab kurang kuat untuk menahan beban dinding secara keseluruhan. Itulah kenapa pemakaiannya tidak menonjol.
  4. Harus dipasang oleh ahli, karena tidak ada sistem penguncian untuk menyusunnya. Orang-orang yang tidak memiliki keahlian di bidang pertukangan akan kesulitan memasangnya.
  5. Bila diaplikasikan di bagian luar ruangan, akan berpotensi membawa debu atau kotoran ke dalam rumah.

Jenis-jenis Roster untuk Rumah

Ketika Anda memutuskan untuk membuat dinding roster, maka hal yang perlu ketahui adalah jenis-jenis roster berdasarkan bahan pembuatnya.

Kenapa perlu repot-repot memperhatikannya? Hal ini supaya Anda tidak jatuh ke dalam perangkap tikus. Artinya, Andalah yang bertanggung jawab penuh atas roster pilihan Anda.

Roster yang beredar saat ini memiliki beragam jenis, diantarannya: roster berbahan batako, roster berbahan bata, roster berbahan keramik, roster berbahan besi, dll.

Semuanya bisa Anda gunakan untuk membuat dinding roster rumah minimalis, tapi tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Bagaimana sudah mendapatkan inspirasi? Silakan kunjungi toko material yang jual roster minimalis.