fbpx
Pilih Laman

Roster ventilasi merupakan detail yang perlu diperhatikan ketika membangun rumah yang nyaman. Fungsi dari roster ini adalah sebagai tempat keluar masuknya udara segar yang berasal dari luar ruangan. Sehingga kesehatan pernapasan tetap terjaga dengan udara yang terus berganti melalui celah ventilasi. Selain itu juga roster memiliki fungsi sebagai bahan dasar untuk pembuatan pagar, dinding fasad dan lainnya sesuai dengan ide kreatif dari masing-masing pemilik rumah.

Harga lubang angin minimalis di pasaran juga beragam sesuai dengan motif dan bentuknya. Anda bisa memilih sesuai dengan tampilan yang Anda ingin dan pastinya sesuai juga dengan gaya rumah atau bangunan. Ada motif kotak untuk rumah minimalis dan bangunan bergaya simple lainnya. Kemudian ada motif bulat dan motif bunga yang sesuai dengan gaya rumah mewah. Roster juga bisa berperan sebagai ornamen yang memancarkan nilai estetika pada bangunan.

Kelebihan

  1. Udara dalam ruangan yang menggunakan fasad dari roster atau lubang angin akan terasa lebih sejuk dibandingkan fasad dinding biasa. Hal ini disebabkan udara dapat bersirkulasi dengan baik sehingga udara bertukar selalu ke mode yang lebih segar.

  2. Cahaya matahari mudah masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan selalu terang dan tidak terlalu lembab.

  3. Motif yang bervariasi dari roster juga memberikan tampilan rumah Anda lebih menarik sehingga dapat digunakan sebagai unsur untuk dekorasi ruangan.

  4. Apabila Anda menggunakan dinding yang terbuat dari roster ventilasi, maka dinding tersebut memiliki dua fungsi yakni sebagai pelindung ruangan dan ventilasi udara.

  5. Penggunaan roster dapat diterapkan pada jenis bangunan apa saja mulai dari perkantoran, rumah ibadah, rumah pribadi hingga bangunan residensial.

Kekurangan

  1. Pemasangan roster sebagai dinding pada rumah Anda dapat mengurangi tingkat privasi karena permukaan roster yang memiliki lubang-lubang. Namun ketidaksempurnaan ini masih bisa disiasati dengan cara memberikan tirai dan pintu sebagai penutup agar privasi tetap aman.

  2. Penggunaan roster sebagai fasad dapat mengganggu Anda karena cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah roster dapat menyilaukan. Anda harus memasang fasad dengan arah yang tidak dilalui oleh sinar matahari, misalnya arah selatan dan utara rumah.

  3. Roster dinilai kurang kokoh untuk dijadikan sebagai dinding utama sehingga banyak yang menggunakan roster hanya sebagai partisi ruangan.

  4. Ketika proses pemasangan Anda harus berhati-hati karena roster tidak memiliki sistem penguncian yang merekatkan antara susunannya.

  5. Apabila Anda menggunakan roster lubang untuk pemasangan di bagian outdoor maka bisa membawa debu dari luar yang akan terbawa angin hingga ke dalam rumah.

Bagaimana? Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan roster ventilasi, apakah masih tertarik untuk memasangnya di bangunan Anda? Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan bisa menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut untuk Anda.