fbpx
Pilih Laman

Salah satu cara supaya anda bisa bahagia adalah dengan cara tetap hidup sehat. Tidak hanya melakukan olahraga hingga mengkonsumsi makanan bergizi saja, namun hunian yang sehat juga sangat penting. Hunian yang sehat tidak hanya ramah lingkungan saja, namun juga mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada berbagai jenis lubang udara rumah agar rumah tampak lebih sehat.

Lubang udara rumah dengan jalusi

Jalusi adalah salah satu jenis lubang udara rumah alami yang dipasang di jendela horizontal. Tentunya ventilasi rumah ini tersusun atas kisi-kisi, diantaranya memiliki celah sebagai jalur masuknya cahaya dan udara. Penggunaan jalusi sebagai lubang udara rumah tentunya bisa mengontrol intensitas cahaya yang telah masuk ke dalam rumah. Hal ini dikarenakan penyusunnya yang dapat menyerap serta memantulkan cahaya berlebih. Struktur yang berkisi ini tentunya akan membuat rumah dapat menyaring udara kotor yang akan masuk ke dalam rumah. Selain itu, jalusi juga mudah ditutup dan dibuka, dengan begitu penggunaannya bisa diatur sewaktu-waktu, yang sesuai dengan kebutuhan ruang.

Loster, lubang udara rumah dekoratif

Nah, lubang udara rumah yang satu ini bisa memberikan tampilan yang berbeda untuk hunian anda. Celah-celah yang terdapat di ventilasi rumah ini sengaja dibentuk agar dapat memperlihatkan sebuah motif atau pola tertentu. Selain itu, ukuran cerah ini yang akan membuat loster berfungsi juga sebagai dekor ruangan. Tidak hanya itu saja, lubang udara ini juga terbuat dari berbagai material, dari mulai kayu, keramik, hingga beton dengan harga roster beton yang murah untuk semua kalangan. Karena keunikan inilah yang membuat loster sebagai salah satu lubang udara rumah yang ternyata juga dapat digunakan sebagai variasi pagar rumah atau sekat ruangan.

Sistem ventilasi rumah mekanis di dalam atap

Untuk rumah yang mengaplikasikan sistem ventilasi mekanis, maka biasanya lubang udara yang digunakan yaitu kipas penghisap. Penyaring udara yang satu ini akan dipasang di atas plafon pada tiap-tiap ruangan yang terhubung dengan jalur aliran udara yang diletakkan di loteng. Tentunya lubang udara dengan sistem mekanis ini terbilang efektif untuk membersihkan udara yang terkontaminasi.

Jendela lubang udara sebagai jalur sirkulasi udara

Pada dasarnya jendela lubang udara rumah adalah ventilasi rumah permanen yang biasanya dipasang di atas jendela utama di rumah-rumah di kawasan tropis. Nah, yang sering menjadi kesalahan saat menggunakan ventilasi ini adalah jumlah dan ukurannya tidak disesuaikan dengan luas ruangan. Lubang udara berjenis ini minimal luas yang dimilikinya harus dapat mencakup 5% dari luas ruangan. Diusahakan dalam pemasangannya boven dipasang saling berhadap-hadapan, dengan begitu hawa panas atau udara bisa langsung keluar-masuk dan tidak akan mengendap di dalam ruangan.